PROPOSAL USAHA
“CHEECHIPS”
KELOMPOK 4
Anita Hanin Pratama
Khairuniza Octaviani
Laila Nadia
Nadya Aprianti P.P.S
Theola Augusta
Vicky Permana
Yasmin Syahreva C.
PROGRAM STUDI : ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN : ADMINISTRASI PERKANTORAN
NAMA DOSEN : Dra. Juliati Sjarief, MBA., M.Si.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Makanan ringan atau cemilan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu. Banyak masyarakat yang menjual cemilan dengan berbagai bahan dasar dan variant rasa. Tingginya kebutuhan masyarakat pada cemilan (kegemaran ngemil) dan keinginan masyarakat untuk menikmati rasa yang berbeda yang ditawarkan oleh produsen pada cemilan dengan harga yang terjangkau.
Makanan yang disajikan dengan praktis, dengan harga yang ekonomis dan memliiki nilai gizi yang baik pada suatu makanan adalah permintaan utama yang banyak dicari oleh para konsumen. Semua orang pasti sudah akrab dengan keju, keju merupakan makanan yang terbuat dari olahan susu, seperti yang kita ketahui, kandungan keju yang kaya akan kalsium baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi namun pada kenyataannya tidak semua orang menyukai keju karena cita rasa keju yang terkandung di dalamnya adalah asam.
Cheechips mencoba mengenalkan produk dengan penyajian berupa chips yang diolah dengan keju pilihan yaitu keju kraft sehingga produk Cheechips yang kami hasilkan adalah Chips yang renyah, gurih dan lezat. Cheechips kami pasarkan dalam bentuk kemasan agar praktis sehingga dapat diminati oleh semua kalangan, Cheechips memiliki dua rasa yaitu Charcoal dan Matcha. Selamat menikmati produk kami, semoga produk Cheechips dapat diterima dikalangan masyarakat sehingga menjadi produk yang bermutu tinggi dalam pangsa pasar dunia pangan.
BAB II
COMPANY PROFILE
2.1 Deskripsi Umum Perusahaan
Nama Perusahaan : Pitaloka
Tanggal Berdiri : 01 Maret 2017
Alamat Perusahaan : Depok
Jenis Perusahaan : Home Industry
Jumlah Karyawan : 7 Orang
Produk : Kue Kering
Sosial Media : 1. Line : @jfe2257e
2. Intagram : @cheechipsid
2.2 Riwayat Perusahaan
Pitaloka merupakan perusahaan (home industry) yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan (kue kering) yang dibentuk pada tanggal 01 Maret 2017. Pitaloka berasal dari singkatan yaitu Pintar Tangguh Loyal dan Kompak.
2.3 Misi dan Visi Perusahaan
1. Misi
Memproduksi dan menjual Makanan yang Sehat, Halal, Enak, Bermutu, dan berbeda dari makanan lain. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.
2. Visi
a. Memuaskan konsumen
b. Selalu inovatif dalam menciptakan makanan yang berbahas dasar keju.
c. Selalu berinovasi dalam cita rasa
2.4 Struktur Organisasi
Job Description :
Owner
a. Memimpin, merencanakan, mengarahkan, mengatur, mengawasi, mengambil keputusan
b. Bertanggung jawab atas segala tindakan yang di lakukan
a. Promosi di akun sosial media
b. Mengelola semua akun social media ( Instagram, Line, dan Email ).
Keuangan
a. Mengelola pendapatan penjualan
b. Mengatur biaya pengeluaran
c. Membuat laporan keuangan
Produksi
a. Memastikan bahan-bahan yang dibeli berkualitas.
b. Memproduksi makanan secara higienis
c. Memastikan tidak ada bahan-bahan yang berbahaya didalam bahan tersebut.
Peralatan
a. Mempersiapkan segala perlengkapan peralatan yang dibutuhkan
b. Mengatur penggunaan peralatan dan perlengkapan alat memasak
BAB III
STRATEGI PEMASARAN
3.1 Segmentasi Pemasaran
Berikut ini kami membuat segmentasi pemasaran untuk produk yang kami tawarkan :
Kami akan memasarkan produk kami di daerah Depok, Jakarta dan Bogor yang memungkinkan untuk di jangkau. Untuk depok Contohnya kami akan memasarkan di area kampus, kami memilih area kampus, karena pangsa pasarnya bagus
Produk camilan yang kami produksi dapat di konsumsi oleh semua orang, mulai dari pria, wanita, anak-anak yang berusia 3 tahun sampai orang dewasa,
Banyak yang beranggapan bahwa banyak cemilan yang mengandung bahan pengawet. Tetapi cheechips dibuat tanpa bahan pengawet. Sehingga dapat di konsumsi oleh semua kalangan. Harga yang ditawarkan juga sangat murah hanya dengan Rp. 7,000,00.-
3.2 Analisis SWOT
NO
|
ANALISA SWOT
|
PRODUK
|
PRICE
|
PLACE
|
PROMOTION
|
1
|
STRENGTHS
|
Cheechips memiliki 2 variant rasa
|
Harga yang murah
|
Lokasi strategis
|
-
|
2
|
WEAKNESSES
|
Konsumen berpikir Bahan baku charcoal / arang tidak masuk akal
|
Factor Harga sembako dapat mengurangi permintaan konsumen
|
-
|
-
|
3
|
OPPORTUNITIES
|
Kemasan praktis
|
Harga ekonomis
|
Tempat strategis
|
-
|
4
|
THREATHS
|
Ada produsen baru yang membuat produk sama seperti kami
|
Banyak nya pesaing yang menjual produk serupa dengan menjual harga yang lebih rendah
|
Strategi pemasaran yang lebih kompetetif
|
-
|
3.3 Bauran pemasaran
3.3.1 Product
1. Product variety
Varietas dari produk yang akan kami pasarkan adalah cemilan berbahan dasar keju dan memiliki varian rasa yaitu : Charcoal dan Matcha.
2. Quality
Cheechips yang kami produksi menggunakan bahan yang berkualitas tinggi, tanpa bahan pengawet, dan higienis dari mulai proses produksi sampai pengemasan.
3. Brand Name
Cheechips (Cheese & Chips)
4. Packaging
Untuk pengemasan cheechips akan dikemas dalam wadah plastik zip lock ukuran 10cm x 17cm
5. Warranties
Garansi yang kami berikan untuk cheechips ini adalah cemilan sehat tanpa bahan pengawet dan higenitas proses produksi hingga pengemasan.
3.3.2 Price
Untuk produk cemilan kami, kami menentukan harga mulai dari Rp. 7,000,00.- per bungkus. Harga yang sangat murah, dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membelinya.
Sehingga siapapun dapat mencoba cemilan kami ini secara puas dengan harga yang relatif murah.
Kami menargetkan menjual produk kami di sekitar kampus LP3I Depok. Karena disana memiliki pangsa pasar sesuai dengan target yang kita tuju.
1. Advertising
Kami mengiklankan produk kami melalui media sosial yaitu : Line dan Instagram
2. Sales promotion
Promosi yang kami lakukan yaitu dengan menggunakan tester dicoba oleh calon pembeli dan disampaikan dari mulut ke mulut. Pelaksanaan promosi dilakukan dengan menjual produk kepada mahasiswa/i LP3I Kampus Depok
3.4 Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Kompor gas
|
1 buah
|
-
|
Timbangan Digital
|
1 buah
|
-
|
Gilingan
|
1 buah
|
-
|
Katel
|
1 buah
|
-
|
Sodet
|
1 buah
|
-
|
Penyaring
|
1 buah
|
-
|
Plastik Ziplock
|
50 buah
|
Rp 17.000,-
|
Tabung Gas
|
1 buah
|
Rp 18.000,-
|
Spatula Plastik
|
2 buah
|
-
|
Sendok
|
4 buah
|
-
|
Parutan Keju
|
1 buah
|
-
|
Pisau Pemotong Kue
|
1 buah
|
-
|
Piring Beling
|
2 buah
|
-
|
Baskom
|
4 buah
|
-
|
Teplon
|
1 buah
|
-
|
Nampan
|
1 buah
|
-
|
Apron
|
7 buah
|
Rp 45.500,-
|
Sarung Tangan Plastik
|
7 pasang
|
Rp 7.000,-
|
TOTAL JUMLAH
|
Rp. 87.500,-
|
1. Bahan Baku
Bahan baku yang kami gunakan adalah:
Cheese Chip
| ||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Terigu
|
1 Kg
|
Rp. 9.000,-
|
Mentega
|
200 gram
|
Rp. 6.000,-
|
Garam
|
1 Bungkus
|
Rp. 4.000,-
|
Minyak Goreng
|
1 L
|
Rp. 15.000,-
|
Keju
|
175 gram
|
Rp. 18.000,-
|
Matcha
|
2,5 gram
|
Rp. 6.000,-
|
Charcoal
|
5 gram
|
Rp. 5.000,-
|
Total
|
Rp. 63.000,-
|
Foto
PT PITALOKA |
CHEECHIPS RASA CHARCOAL |
CHEECHIPS RASA MATCHA |
By : vicky permana-Ap202
Komentar
Posting Komentar